Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) TNI AL Berhasil Evakuasi Korban Kapal Terbakar di Perairan Asahan | Lawu Post

TNI AL Berhasil Evakuasi Korban Kapal Terbakar di Perairan Asahan

Rabu, 07 April 20210 comments



Pen Lanal Tanjung Balai Asahan (LawuPost.Com) Prajurit TNI AL yang berdinas di Lanal Tanjungbalai Asahan mengerahkan 2 unit Kapal Patroli untuk SAR dan berhasil evakuasi Nahkoda dan ABK KM Hasil Jaya yang terbakar di perairan Asahan, Sumut, Rabu (7/4/2021).

Kebakaran terjadi sekira pukul 15.00 WIB, api diduga dari knalpot kapal yang menyemburkan api, sementara dalam kamar mesin berdampingan tangki BBM, sehingga api menyambar bahan bakar minyak dan membuat kapal terbakar.

ABK Kapal menyelamatkan diri dengan menceburkan diri kelaut, dan ditolong oleh sesama nelayan sebelum di evakuasi oleh SAR Lanal Tanjung Balai Asahan. Saat ini ke tigabelas 13 ABK dalam kondisi selamat. Pada saat ini 5 orang ABK dan 1 nahkoda/ tekong atas nama Sarju di evakuasi tim SAR Lanal TBA ke Posal Bagan Asahan untuk selanjutnya di antar pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan 7 orang ABK tinggal di KM. Bahari Perkasa berupaya evakuasi Kapal sisa terbakar untuk dibawa ke daratan terdekat. 

Barang-barang yang berhasil terselamatkan, 1 unit Fish Finder, tabung gas 20 kg, dokumen kapal dan tas pribadi. Pada pukul 19.30 WIB Patkamla Sea Rider Lanal TBA sandar di dermaga Posal Bagan Asahan. ABK semua didata dan diamankan di Posal Bagan Asahan. Kerugian ditaksir 1,5 M.

Kehadiran TNI AL dalam SAR di Laut merupakan perintah langsung dari Bapak Kasal melalui Panglima Koarmada I yang menekankan, seandainya ada kesulitan di Laut atau wilayah kerja TNI AL, diminta atau tidak maka wajib hadir untuk menolong kesulitan tersebut. Sehingga Danlantamal I Belawan memerintahkan jajarannya yaitu Lanal TBA untuk evakuasi korban sebagai pertolongan. (**)

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost