Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Geliat Kehidupan Baru, Satgas Citarum Sektor 7 Serentak Bangun Demplot Pertanian Di 14 Desa | Lawu Post

Geliat Kehidupan Baru, Satgas Citarum Sektor 7 Serentak Bangun Demplot Pertanian Di 14 Desa

Selasa, 04 Agustus 20200 comments

Kab Bandung (LawuPost.Com)
Program ketahanan pangan saat ini menjadi fokus Satgas Citarum Sektor 7 dalam upaya pemanfaatan bantaran selain melaksanakan tugas rutin menata bantaran aliran sungai Citarum.

Pemanfaatan lahan bantaran serentak di 14 Desa yang berada di Sektor 7, hal itu sebagai upaya mendukung TNI terutama Kodam III/Siliwangi dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Hal itu disampaikan Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi di Demplot Rancamanyar Desa Rancamanyar Kec Baleendah, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, beberapa Desa yang sudah membuat lahan pertanian diantaranya Desa Sangkanhurip, Desa Rancamanyar, Kelurahan Andir, Desa Cangkuang Wetan, Desa Sukamukti dan lainnya, sementara untuk Desa Sulaiman dan Desa Margahayu masih dalam penggarapan lahan.

" Pemanfaatan lahan bantaran Citarum ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, selain sayuran dengan jarak tanam singkat, setiap beberapa meter ditanami pohon keras sebagai penguat tanah, jadi warga ikut merawatnya," terang Dansektor.

Disampaikan Dansektor 7 bahwa, " pemanfaatan lahan bantaran, sebelum ditanami disiram dulu dengan menggunakan Bios 44, hal itu dimaksudkan supaya unsur hara tanahnya kembali normal dan layak ditanami.

" Kalau tidak ada pemanfaatan lahan bantaran, dikhawatirkan kedepannya akan kembali kotor dan penuh sampah, pemanfaatan lahan akan membuat warga sekitar bantaran aktif membersihkan bantaran dan mereka juga akan ikut mengawasi," ujar Kolonel Kav Purwadi.

" Sehingga ketika ada tanaman di bantaran sungai yang rusak atau dipanen, maka bisa diganti seketika dengan bibit yang tersedia. Dengan begitu kawasan tersebut akan selalu lestari dengan pemandangan hijau yang menyegarkan bagi siapapun yang melintas atau berkunjung," tutur Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi. (Pendam III/Siliwangi). ***

Berita Foto :







Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi / Wahyudi

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost