Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA | Lawu Post

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

Selasa, 14 Januari 20200 komentar

Opini : Pancasila Sebagai Ideologi Negara.
0leh: Siti Nila Sari

Pacasila adalah idiologi - idiologi dasar bagi Negara Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan dan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia guna memperkokoh  persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan bangsadan mewujudkan  ketahanan nasional.

Ketika Pancasila sebagai Negara kokoh, Negara juga sangat kokoh. Ketika Pancasila rapuh dan goyah,  maka Negara juga akan sangatgoyah atau roboh. Seiring dengan perkembangan zaman di tengah arus globalisasi yang di sertai perkembangan teknologi yang tinggi, munculah perubahan sosialyang me memfasilitasiterjadinya pertukaran budaya saat ini.

Pengembagan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK )  mencapai kemajuan  pesat sehingga peradapan  manusia mengalami perubahan yang sangat luar biasa. Penegmbangan iptek  tidak dapat terlepas dari situasi yang melingkupinya, arti iptek slalu berkembang dalam  suatu ruang budaya. Perkembangan iptek pada giliran nya bersentuhan dengan nilai nilai budaya dan agama sehingga dalam suatu pihak di butuhkan nilai nilai agama dan budaya dalam pengembangan nya agar tidak merugikan  umat manusia.

Globalisasi di artikan  sebagai peroses peningkatan kesaling tergantungan  masyarakan dunia yang di tandai oleh kesenjangan tingkat kehidupan masyarakat industry dan masyarakat dunia ke tiga ( Anthony Giddens : 1989 ) keberadaan globalisasi tersebut memiliki dampak cenderung negative bagi masyarakat Indonesia.oleh karna itu, perumusan pancasila  sebagai paradigm ilmu  bagi aktifitas ilmiah di Indonesia  merupakan suatu yang terlepas dali nilai idiologi bangsa, justru dapat mengakibatkan  sekularisme, seperti yang terjadi pada zaman renaiisance di eropa. 

Bangsa Indonesia  memiliki akar budaya dan religi  yang kuat dan tumbuh sejak lama dalam kehidupan masyarakat sehingga mana kala pengembangan ilmu tidak berakar pada idiologi bangsa, sama halnya dengan membiarkan ilmu berkembang tanpa arah dan orientasi yang jelas.

Pancasila sepertinya di sudutkan  dari bangsa kita . hal ini  di tandai dari kemerosotan masyarakat muda,  padahal generasi muda merupakan orang orang yang akn meneruskan cita cita bangsa , untuk memimpin  memimpin dan mengatur  sebuah Negara dan memiliki kepribadian yang baik,kecerdasan yang dilandasi dengsn ilmu dan wawasan yang luas, memiliki jiwa yang semangat, pikiran yang terbuka dan jiwa yang baik, berbobot dan bermanfaat serta berguna  untuk kemajuan bangsa dan bernegara. Oleh karna itu, karna itu  perlu menanam kan nilai nilai pancasila  dalam kehidupan sehari hari seperti :
1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
Dalam pelaksanaan setiap bidang wajib adanya  landasan iman dan dan taqwa  didalam kehidupan dalam masyarakat, agama dan kepercayaantersebut telah menjadi budaya batin bangsa  mendidk kita semua untuk menghormati antar sesame anggota  masyarakat.

2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
Kesadaran akan kehendak  tentang manusia  yaitu jiwa manusian yang tidak bias hidup sendiri atau sangat  membutuhkan  bantuan orang lain. Dengan inilah manusia disebut dengan manusia  social.

3. PERSATUAN INDONESIA
Mengacu pada  semboyan  bangsa Indonesia yaitu BHINIKA TUNGGAL IKA.  Yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu juga, mencerminkan bahwabangsa Indonesia kumpulan berbagai kemajmekuan dan dapat bersatu. Bangsa Indonesia  memiliki satu etnis.dan bangsa Indonesia adalah milik bersama.

4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAK SANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN.
Pada umumnya manusia terdahulu  menyelesaikan asalah dengan cara musyawarah, karana kepentingan musyawarah dan mufakat menjadiakn manusia  sebagai pribadi yang   berjiwa kepemimpinan dan sangat di jamin. Karna segala sesuatu diambil dan di putuskan dengan musyawarah dan mufakat.

5. KEADILAN BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.
Hal ini berarti keadilan yang berlaku bagi setiap hubungan masyaarakat. Adil juga dapat di artikan apabila setiap warga Negara dapat menikmati hasil yang sesuai dan peran nya dalam masyarakat. Keadialan social ini melandasi segala ikhtiar dan upaya terciptanya kepentingan ke sejahteraan bersama.

Jika kita dapat memahami  nilai nilai yang terkandung dalam sila tersebut maka kita di kategorikan  sebagai Negara yang beruntung memiliki pancasila sebagai idiologi bangsa.nilai yang terkandung dalam setiap sila perlu di tanamkan kembali, memahami serta meneladani makna pancasila sebagai kepribadian kepribadian bangsa Indonesia  juga menerapkan dalam kehidepan sehari hari dalam masyarakat sesuai dengan cita cita  serta tujuan nasional seperti yang tertera pada UUD 1945. JADIKANLAH PANCASILA SEBAGAI PANUTAN UNTUK MERAIH CITA CITA. Sebab tantangan yang dihadapi generasi muda pada  saat ini maupun nanti akan jauh lebih sulit dari  yang sebelum nya.


Penulis opini Pancasila Mahasiswa Universitas Islam Malang
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost