Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Berikan Layanan Kesehatan di Tenda Pengungsian | Lawu Post

Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Berikan Layanan Kesehatan di Tenda Pengungsian

Jumat, 22 November 20190 comments

Maluku (LawuPost.Com) Pasca gempa berkekuatan 6.8 skala richter yang mengguncang Kota Ambon beberapa waktu lalu, para pengungsi masih terlihat di tenda-tenda yang terletak di komplek ketinggian Hatalesi, Komplek Mangga dan Matiwa, Desa Morella, Kecamatan Leihitu, KabupatenMaluku Tengah.

Mayoritas diantara para pengungsi tersebut adalah anak-anak, ibu-ibu dan lansia yang tak luput dari ancaman penyakit dan terluka akibat guncangan gempa.

Untuk mencegah hal itu, anggota kesehatan Satuan TugasOperasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Yonif Raider Khusus 136/TS dibawah pimpinan Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis sebagai Dansatgas selalu memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang hingga hari ini masih bertahan di tenda-tenda pengungsian.

Komandan Pos Morela Letda Inf Panca, Kamis (21/11/2019) mengungkapkan bahwa keseluruhan warga yang mengungsi di beberapa tenda berasal dari Desa Morela yang merupakan desa binaan satgas. “Secara moral, kami memiliki tanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan mereka,” ucapnya.

Lebih lanjut Letda Inf Panca mengatakan bahwa untuk mengantisipasi terserangnya penyakit, setiap hari anggota kesehatan Pos Morela SSK I Satgas Yonif Raider Khusus 136/TSmelaksanakan anjangsana ke tenda-tenda pengungsian sekaligus memberikan pelayanan kesehatan,baik melalui pemeriksaan rutin maupun pengobatan bagi warga yang menderita sakit atau terluka.

“Selain memberikan pelayanan kesehatan, Personel Kesehatan Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS selalu berpesan kepada warga agar menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tenda pengungsian, yaitu dengan cara membakar atau menguburkan sampah organik maupun non organik dan selalu menggunakan toilet yang sudah disediakan,” tuturnya.

Menurut Komandan Pos Morela, hingga hari ini tidak ada warga yang menderita sakit serius ataupun terluka parah. “Tercatat hingga saat ini penyakit yang diderita warga hanya berupa demam, batuk, gatal-gatal dan hipertensi akibat trauma terjadinya gempa yang diderita oleh kaum ibu,” katanya.

Autentikasi : Papen Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS, Lettu Chk Alep Priambodo

___________________________
Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Ucu S/Wahyudi

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost