Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) TNI dan USIPACOM serta HING gelar Pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 Membahas Peningkatan Kemampuan Penanggulangan Bencana | Lawu Post

TNI dan USIPACOM serta HING gelar Pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 Membahas Peningkatan Kemampuan Penanggulangan Bencana

Jumat, 01 Maret 20190 comments

Puspen TNI (LawuPost.Com) TNI  dan US Indo Pacific Command (USIPACOM) serta  Hawaiian National Guard (HING) menggelar pertemuan Initial Planning Conferences (IPC) selama tiga hari mulai pada tanggal 25 s.d. 28 Februari 2019 dalam rangka membahas rancangan peningkatan kemampuan penanggulangan bencana melalui latihan bersama  di Raffles Hotel, Mega Kuningan Jakarta.

Pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 , delegasi TNI dipimpin Paban VII/Latma Staf Operasi  TNI Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo yang diikuti 14 perwira TNI, sedangkan USIPACOM  serta HING dipimpin J3 Assistant HING Colonel James Douglas Silva Barros melibatkan 22 perwira.

Kegiatan pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 tersebut dilaksanakan untuk merancang kegiatan peningkatan kapasitas, mekanisme sistem dan koordinasi dalam rangka menghadapi ancaman terjadinya bencana. Salah satu ancaman nyata adalah terjadinya bencana massif akibat adanya pertemuan lempeng bumi di kawasan ini (Ring of Fire). Untuk merespon ancaman bencana  tersebut, perlu usaha, sistem, mekanisme, organisasi, kinerja dan materiil yang kuat dan lengkap dari negara dalam kawasan.

Kerja sama  antar negara dalam kawasan yang menghadapi ancaman yang sama sangat diperlukan agar tercapai sinkronisasi dan kesamaan pola pikir dan tindakan dalam mengatasi ancaman bencana  secara bersama-sama. Kegiatan kerjasama tersebut dirancang dalam bentuk latihan bersama Gema Bhakti 2019 (GB19) dengan metode Academic Class, Staf Exercise (STAFFEX) dan Table Top Exercise (TTX).

Dalam pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 ini, telah disepakati hal-hal terkait latihan Gema Bakti 2019 antara lain jadwal kegiatan , tempat pelaksanaan latihan, konsep dan sasaran, skenario  dan organisasi peserta latihan.

Rencana kegiatan Gema Bakti 2019 akan dilaksanakan pada bulan September 2019 di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Sentul-Bogor,  dengan melibatkan sejumlah personel TNI dan USIPACOM serta HING.  Latihan bersama  dilaksanakan dengan
materi latihan diantaranya Military Decision Making Proccess (MDMP), Joint Concept, Civil Miltary Coordination (CIMIC), Defensive Cyber Operation, Humanitarian Assistant and Disaster Response (HADR), Peace Enforcement dan Counter Terrorism (CR).

Autentikasi: Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono

_______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost