Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Lanal Semarang Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Nusantara | Lawu Post

Lanal Semarang Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Nusantara

Jumat, 14 Desember 20180 komentar

Semarang (LawuPost.Com) Pejabat Sementara Palaksa Lanal Semarang Mayor Laut (S)  Apdanis mewakili Komandan Lanal Semarang, Lantamal V  Kolonel Laut (P)  Heri Triwibowo bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka peringatan hari Nusantara tahun 2018, Kamis (13/12).

Komandan upacara di percayakan kepada Kapten Laut (P)  Agus Dwiantoro yang tugas kesehariannya sebagai Komandan Satuan Markas Lanal Semarang. Upacara Hari Nusantara kali ini bertemakan Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh Melalui Deklarasi Juanda Menuju Poros Maritim Dunia.

Mengawali kegiatan upacara tersebut dilaksanakan Pengibaran bendera Merah Putih dilanjutkan Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur upacara, Pembacaan UUD 45 Oleh anggota yang ditunjuk dan di lanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Juanda.

Dalam Amanatnya Menteri dalam Negeri Bapak Tjahjo Kumolo yang dibacakan oleh Inspektur upacara menyampaikan bahwa Peringatan Hari Nusantara tidak terlepas dari Perjuangan Bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara Kepulauan yang pertama kali tercetus melalui Deklarasi Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957.

Konsep Deklarasi tersebut mendasari Perjuangan Bangsa Indonesia untuk menjadi Rezim Negara kepulauan (Archipelagic State). Berkat perjuangan yang Gigih selama 25 Tahun akhirnya Konsep Indonesia sebagai Negara Kepulauan di akui oleh Dunia, setelah United Nation Convention On The Law of The Sea (Unclos)  di sahkan pada tanggal 10 Desember 1982.

Dengan disahkanya Negara Indonesia sebagai Negara Kepulauan maka Menteri Dalam Negeri mengajak kepada Seluruh Lapisan Masyarakat untuk menjadika Momentum hari Nusantara untuk mempertebal semangat Kebangsaan,  Persatuan dan kebersamaan,  di tengah Kwbinekaan untuk tetap melaksanakan pembangunan Nusantara, meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan wilayah laut dan wilayah perbatasan.

Mempertahankan kedaulatan Negara dalam wadah NKRI,  serta mendorong Masyarakat Indonesia untuk memahami arti penting Wawasan Nusantara. Mengakhiri Amanatnya Menteri Dalam Negeri menyampaikan beberapa hal penting untuk menjadi perhatian diantaranya.

Dalam upaya mempercepat pembangunan kelautan, diperlukan Koordinasi,   Integrasi,  Sinkronisasi,  dan Sinergitas kebijakan baik antara Pemerintah dwngan Pemerintah, Pemerintah dengan Pemerintah Daerah,  antar Pemerintah Daerah maupun antar Pemerintah, Pemerintah Daerah dengan Sektor Swasta, Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Kelautan.

Perlu penegakan kebijakan di bidang konservasi Habitat Biota Laut dalam pengembangan Pemanfaatan Potensudi wilayah pesisir,  pulau pulau kecil di seluruh Indonesia,  hal tersebut berkaitan erat dengan peran lautterhadap adaptasi dan mitigaai bencana. (Dispen Lantamal V)

________________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost