Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bakamla RI Luncurkan 3 Kapal Patroli Karya Anak Bangsa | Lawu Post

Bakamla RI Luncurkan 3 Kapal Patroli Karya Anak Bangsa

Jumat, 14 Desember 20180 comments

Batam, Humas Bakamla RI (LawuPost.Com) Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia meluncurkan tiga kapal patroli karya anak bangsa, di Galangan   PT. Citra Shipyard, Tanjung Uncang, Batam, Kamis (13/12/2018).

Nama ketiga Kapal Negara 80 Meter ini seluruhnya diambil dari nama pulau terluar Indonesia, yakni KN. Pulau Nipah 8001, KN. Pulau Marore 8002, KN. Pulau Dana 8003.

Kapal Patroli ini berspesifikasi panjang 80 meter, lebar 7.90 meter, tinggi 14.4 meter,  kecepatan hingga mencapai 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/18VP185TM.

Kabakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R.  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Deputi Operasi Laut Laksma Bakamla Guntur Wahyudi mengatakan,  pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter ini tentunya memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan dan keamanan nasional.

Hal ini membuktikan bahwa putra-putri bangsa Indonesia  mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi penyelenggaraan industri pertahanan dan keamanan, yaitu mengembangkan teknologi industri perkapalan yang bermanfaat bagi pertahanan, keamanan dan kepentingan nasional lainnya, katanya.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan kapal ini juga menjadi bukti kemampuan putra-putri Indonesia untuk memberikan kontribusinya dalam penguasaan bidang teknologi perkapalan nasional, sekaligus merupakan salah satu solusi konkrit dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan kapal patroli di masa yang akan datang.

Pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter ini, lanjutnya, diharapkan ke depannya dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan Bakamla RI, khususnya bagi kebutuhan unsur operasional dalam mengemban tugasnya melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Selain itu, kehadiran kapal ini tentunya akan menjadi bagian penting dalam mendukung terwujudnya negara Indonesia sebagai poros maritim dunia, imbuhnya.

Peluncuran 3 kapal patroli tersebut ditanfai dengan  pernyataan resmi pemberian nama oleh Plt. Deputi Operasi Laut yang dilanjutkan dengan pemotongan tali pengikat kendi dan penekanan sirene, yang  disaksikan Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Amrein, S.E.,Kepala kantor Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos dan Direktur Utama PT. Citra Shipyard Mr.Jovan.

Peluncuran tiga kapal Bakamla RI ini  juga dihadiri Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI David Santoso, Wadanlantamal IV Kolonel Laut Imam Teguh, Dirpolair Polda Kepri Kombes Pol Benyamin Sapta, serta undangan lainnya.

Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla, Letkol Bakamla Mardiono

______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost