Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Sinergikan Proker, Spotmar Mabesal Gelar Safari Potensi Maritim 2018 di Lantamal V | Lawu Post

Sinergikan Proker, Spotmar Mabesal Gelar Safari Potensi Maritim 2018 di Lantamal V

Kamis, 20 September 20180 comments

Surabaya (LawuPost.Com) Untuk mensinergikan Program Kerja, Staf Potensi Maritim (Spotmar) Mabesal menggelar Safari Potensi Maritim tahun 2018. Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar Kasal)  Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., hadir langsung dan memberikan pembekalan kepada pada peserta yang dihelat di Gedung Serba Guna Mako Lantamal, Surabaya, Kamis (20/9).

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir CTO Sinaga mewakili Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., membuka acara Safari Potmar TNI Angkatan Laut tahun 2018 yang pesertanya berasal dari Mako Lantamal V
dan perwakilan delapan Lanal dijajaran Lantamal V.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kadispotmar Mabesal Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H, M.Tr. Hanla, Paban V Spotmar Kasal, Aspotmar Pangkoarmada II, Kadispotmar Koarmada II, Para Asisten Danlantamal V, Para Danlanal Jajaran Lantamal V, Para Perwira, Bintara, Tamtama Serta Pegawai Negeri Sipil Lantamal V.

Komandan Lantamal V dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal V mengatakan bahwa dihadapkan pada perkembangan lingkungan global, regional  dan nasional serta persepsi ancaman yang paling mungkin terjadi, TNI Angkatan Laut  harus bisa melaksanakan penangkalan, pencegahan serta penindakan  terhadap  setiap bentuk ancaman dan gangguan yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa, kehormatan bangsa, kedaulatan dan keutuhan wilayah dengan melaksanakan pengamanan perbatasan wilayah darat,  laut dan udara yurisdiksi nasional indonesia, berdasarkan hukum nasional, internasional yang telah diratifikasi dan berlaku, serta mengantisipasi perkembangan situasi di wilayah rawan konflik dan pulau-pulau terluar lainnya serta gerakan separatis pemberontakan bersenjata dan teritorial untuk menciptakan kondisi juang yang tangguh dalam mendukung pemberdayaan wilayah pertahanan.

Dalam Safari Potmar TNI Angkatan Laut tahun 2018 mengambil tema “Melalui Kegiatan Safari ta. 2018 Kita Tingkatkan Sinegritas Program Kerja Seluruh Komponen Maritim Guna Menyiapkan Rak Juang Yang Tanggguh Dalam Rangka Mendukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Komandan Lantamal V berharap dengan adanya safari potmar di Lantamal V, akan memberikan wawasan kepada seluruh peserta sosialisasi tentang  sinergitas dan pertahanan wilayah laut  sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, Aspotmar Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., dalam arahannya menyampaikan bahwa bela negara itu bukan hanya tugas pokoknya saja tapi di dalam undang-undang dasar tahun 1945 pasal 27 bahwa setiap warga negara punya hak dan kewajiban membela negara.

Selain itu Angkatan Laut punya tugas dan kewajiban juga untuk melakukan dawilhanla dalam pertahanan laut sehingga dengan bentuk negara Indonesia merupakan kepulauan itu kerawanannya tinggi karena kita berada di perlintasan antara dua benua dan dua samudra. Artinya kita menjadi perlintasan, kalau perlintasan itu pasti ada yang singgah. Tapi Pengaruh yang ditinggalkan kenapa bisa ada yang belum ada yang diwariskan itu juga kan karena pengaruh Sekarang kita berada pada posisi silang tersebut dengan 17.499 pulau, ratusan suku bangsa dan  budaya serta ratusan bahasa, bila itu tidak dimanage dengan baik, tidak dikontrol dengan baik maka bisa menjadi potensi perpecahan.

“Kita punya sejarah kelam, kenapa Belanda bisa berkuasa,  salah satu yang dimainkannya adalah devide at impera, politik adu domba sehingga Indonesia terpecah belah, oleh karena itu kita harus terus menjaga perpecahan diantara komponen bangsa ini jangan terulang,” pungkasnya.(Dispen Lantamal V)

________________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Krisna S
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost