Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Aspotmar Kasal Hadiri Seminar Nasional Dies Natalis Ke-6 Polimarin 2018 | Lawu Post

Aspotmar Kasal Hadiri Seminar Nasional Dies Natalis Ke-6 Polimarin 2018

Jumat, 28 September 20180 komentar

Semarang (LawuPost.Com) Asisten Pembinaan Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar Kasal) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto,  S. E.,  M. M.. mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL)  Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,  S. E.,  M.M., menghadiri Seminar Nasional dan Pemberian Penghargaan dalam rangka Dies Natalis Ke-6 Politeknik Negeri Indonesia (Polimarin) tahun 2018, Kamis (27/9/2018).

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Poncowati Ball Room Hotel Patra Jasa Jalan Sisingamangaraja Kota Semarang tersebut di hadiri oleh Kadisdikal Laksma TNI Dr.Ivan Yulivan.S.E., Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M.Phil, Wadan Lantamal V Kolonel (Mar) CTO Sinaga, Komandan Lanal Semarang  Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo.S.E., Deputi Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Sekertariat Kabinet  RI.

Hadir juga Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Dr.Ir.Patdono Suwignyo, Tenaga Ahli Kementrian Perhubungan RI Ir.Abdul Hamid, Walikota Semarang Hendrar Priyadi  S.E., Dirut  PT.Pelni, Dirut Polimarine.

Dalam kegiatan tersebut Direktur Polimarin. Dra. Sri Tutie Rahayu, M.Si, menyerahkan secara langsung Penghargaan kepada Kasal yang di terima oleh Aspotmar Kasal, yang berupa Penghargaan tentang Pengembangan Penelitian Kemaritiman.

Selain Kasal ada beberapa Pejabat yang menerima Penghargaan diantaranya  Prof. Dr. Ir. Mohamad Noeh, DEA. sebagai Tokoh Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia, Prof .Dr.dr.(HC) Joko Santoso sebagai Tokoh Inisiator Pendirian Polimarin, H. Hendrar Priyadi .S.E., sebagai Tokoh Kepedulian Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia.

PT. Pelayaran Nasional Indonesia menerima Penghargaan Perintis Pengembang Transportasi Laut, Dr. Capt. E. Kartini, M.M., Penerima Penghargaan Inspirator Nakhoda Kapal Wanita Indonesia, Minarno /Tjoen Ming Penerima Penghargaan Konservasi Satwa Laut (Hiu).

Kasal dalam sambutannya yang di bacakan Aspotmar Kasal menyampaikan bahwa dalam menghadapi perubahan lingkungan keamanan strategis global dan tantangan yang ditimbulkan oleh revolusi industri 4.0 diperlukan produsen baru dalam pendidikan Vokasi maritim Nasional.

Penajaman kerjasama pendidikan TNI Angkatan Laut dengan Polimarin diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terhadap perubahan dan tantangan tersebut, pada dasarnya TNI Angkatan Laut sangat mendukung kegiatan pendidikan yang berjalan di Polimarin.

Ada beberapa gagasan yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama TNI Angkatan Laut dan Polimarin yakni,  persamaan kerjasama antara lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut dan Kodiklatal dengan Polimerin meliputi kerjasama dalam bidang program studi dan kurikulum kemaritiman melalui penguatan pendidikan pembentukan karakter dan bela negara.

Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mendorong gerakan literasi baru dengan fokus pada tiga literasi baru yang mampu menjawab tuntutan era revolusi industri 4.0 yaitu literasi digital, literasi teknologi dan literasi manusia.

Literasi data diperlukan untuk dapat mengelola aliran data yang sangat besar. Literasi teknologi berhubungan dengan pengetahuan tentang teknologi atau perihal teknis dari peralatan atau mesin yang digunakan, literasi manusia diarahkan pada aspek manusiawi kemampuan komunikasi dan penguasaan ilmu desain.

Kerjasama sertifikasi Internasional bagi pelaut lemdik TNI Angkatan Laut dan Polimerin dapat bekerjasama untuk menjadi badan resmi yang dapat memenuhi standar sertifikasi kepelautan yang diakui secara Internasional.

Sedangkan yang kedua yaitu Kerjasama penelitian bidang Kemaritiman antara TNI Angkatan Laut Pushidrosal, STTAL dan Dislitbangal dengan Polimarin. Menteri Kemaritiman yang dikembangkan sangat luas antara lain bidang Transportasi Laut, Tehnologi Kemaritiman Energi dan Sumber Daya Maritim.

Disisi lain Walikota Semarang yang juga sebagai Pejabat Penerima Penghargaan menyampaikan bahwa di usia yang ke-6 adalah merupakan usia yang penuh tantangan, juga merupakan Proses  Perubahan Fase yang artinya  Polimarin telah berhasil membuktikan dan mencetak Perwira Pelayaran sesuai Nawa Cita Presiden. (Dispen Lantamal V)

______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Erwin M
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost