Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Kutai Kartanegara MoU dengan Tanoto Foundation Tingkatkan Mutu Pendidikan | Lawu Post

Kutai Kartanegara MoU dengan Tanoto Foundation Tingkatkan Mutu Pendidikan

Kamis, 02 Agustus 20180 komentar

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (LawuPost.Com) - Bertempat di Pendopo Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Drs Edi Darmansyah MSi, selaku Plt. Bupati Kutai Kartanegara, menandatangani kesepakatan atau MoU dengan Tanoto Foundation untuk pelaksanaan program Pelita Pendidikan di daerah tersebut. Tanoto Foundation adalah lembaga filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto berfokus pada kegiatan pendidikan. Pada acara tersebut,  Tanoto Foundation diwakili oleh Stuart Weston, Direktur Program Pelita Pendidikan (2/8/2018).

Skema awal kerjasama ini akan berlangsung selama tiga tahun yaitu mulai tahun 2018 sampai 31 Desember 2020. Tanoto Foundation akan melatih kepala sekolah dan guru-guru di 24 sekolah terpilih untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif, manajemen sekolah, dan budaya baca. Di 24 sekolah yang terpilih tersebut, terdiri dari 12 SD, 4 MI, 6 SMP, dan 2 MTs yang berada di dua kecamatan yaitu Tenggarong dan Tenggarong Seberang.

“Sebelum program dimulai, sekolah-sekolah tersebut akan dilakukan asesmen kemampuan membaca dan matematika. Untuk siswa SD dan MI, terutama siswa kelas awal, akan diuji kemampuan literasinya dengan menggunakan instrumen standar internasional EGRA (early grade reading assessment) dan EGMA (early grade mathematic assesment),” ujar Stuart Weston menjelaskan kepada Plt. Bupati dan para undangan yang hadir.

Hasil asesmen tersebut akan menjadi data awal sebagai pijakan dalam mengembangkan program pelatihan dan pendampingan untuk sekolah mitra. Untuk melihat keberhasilan program, hasil asesmen awal akan dibandingkan dengan data-data setelah intervensi program.

Plt. Bupati Kutai Kartanegara yang menyambut baik program ini, berharap akan terjadi banyak perubahan pada mutu guru dan kepala sekolah setelah program berjalan. “Kami sangat siap mengawal program ini. Program yang dikerjasamakan memang sangat sesuai dengan kebutuhan daerah ini,” ujarnya.

Kutai Kartanegara memiliki jumlah Sekolah Dasar sebanyak 466 dan sekolah Menengah Pertama sebanyak 166, MI dan MTs masing-masing sekitar 40-an. “Ke depan program ini akan didiseminasikan ke sekolah dan madrasah lainnya,” kata Stuart lagi.

Penandatangan MoU dihadiri oleh para pemangku kepentingan pendidikan,  di antaranya Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kemenag Kutai Kartanegara dan Provincial Coordinator Program Pelita Pendididikan Tanoto Foundation untuk Kalimantan Timur.
Program Pelita Pendidikan yang diprakarsai oleh Tanoto Foundation pada tahun 2018 dilaksanakan di 14 kabupaten di 5 provinsi yaitu, Sumatera Utara, Jateng, Jambi, Riau dan Kaliman Timur. Di Kalimantan Timur, program ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Balikpapan, serta Universitas Mulawarman dan IAIN Samarinda.(***)


_______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost