Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Komandan Lanal Denpasar Hadiri Peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa-Bali | Lawu Post

Komandan Lanal Denpasar Hadiri Peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa-Bali

Kamis, 26 Juli 20180 comments

Jembrana (LawuPost.Com) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Lantamal V Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko menghadiri upacara peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa-Bali yang digelar di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa Bali di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana, Bali,  Kamis (26/7).

Menurut Danlanal Denpasar,  di lokas ini,  pertempuran laut seru pertama  pada masa perjuangan kemerdekaan antara pejuang Indonesia dengan Belanda pada awal kemerdekaan diperingati.

Perang laut pertama pada masa perjuangan kemerdekaan atau dikenal dengan operasi lintas laut Jawa – Bali, diperingati dengan upacara peringatan di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali, Cekik, Gilimanuk Kabupaten Jembrana.

Bupati Jembrana I Putu Arta bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara  dengan Komandan Upacara Mayor Marinir I Nyoman Suarmika (Pasprogar Lanal Denpasar).

Selain Danlanal dan Bupati,  tampak hadir dalam kegiatan tersebut Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Suhartaya, Dandim 1617/Jembrana, Danyon 741 Jembrana, Kapolres Jembrana, Kajari Kab. Jembrana, seluruh pimpinan FKPD Kab. Jembrana, unsur TNI AD dan TNI AL, Kepolisian, Satpol PP, Kantor SAR Kab. Jembrana serta ratusan pelajar dari beberapa sekolah di Jembrana.

Istri dari pejuang yang memimpin operasi, Kolonel Markadi (alm), Ny. Oni Markadi yang diwakili oleh Ny. R. Kasenda beserta rombongan Wanita Kawanua Jakarta juga turut hadir dalam peringatan yang digelar setiap tahun tersebut.

Upacara dilokasi tersebut memang dilakukan setiap tahun untuk mengenang pertempuran laut di Selat Bali pada tahun 1946 yang berlangsung bulan April hingga Juli. Pada saat itu, pejuang Indonesia yang tergabung dalam Pasukan “M” di bawah pimpinan Kapten Markadi kala itu hendak menyusup ke Bali dengan menggunakan perahu seadanya dari Banyuwangi.

Dalam pertempuran ini, sejumlah pejuang gugur  yang sekarang nama-namanya diabadikan dalam Monumen Lintas Laut Cekik Gilimanuk, Jelas Bupati Jembrana Putu Artha usai pelaksanaan upacara.

Dalam kesempatan tersebut keluarga Markadi beserta Organisasi Wanita Sulawesi Utara (Kawanua) memberikan bantuan berupa bingkisan 50 paket belajar kepada Paud dan TK se Kab Jembrana dan Paket sembako kepada warga miskin tiap kecamatan se Kab Jembrana, acara secara simbolis diserahkan oleh Pembina Wanita Kawanua Ny. R. Kasenda dan diterima oleh Bupati Jembrana Putu Artha.(Lantamal V)
 

Admin : Krisna S
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost