Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Direktur Operasi Laut Bakamla Beberkan Progress TPOM Pada Pertemuan Ke-66 COCC Malindo Show original message | Lawu Post

Direktur Operasi Laut Bakamla Beberkan Progress TPOM Pada Pertemuan Ke-66 COCC Malindo Show original message

Kamis, 26 Juli 20180 comments

Jakarta,Humas Bakamla (LawuPost.Com) Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr(Han) selaku Ketua Tim Perancang Operasi Maritim (TPOM) Indonesia membeberkan kegiatan yang telah dilaksanakan TPOM periode 25 Oktober 2017 s.d. 18 Juli 2018 pada pertemuan ke-66 Coordinated Operation Control Committe Malaysia-Indonesia (COCC Malindo), di Hotel Hilton Bandung, beberapa waktu lalu.

Pertemuan yang berlangsung 16 s.d. 20 Juli 2018 tersebut dipimpin Ketua/Pengerusi Bersama COCC Malindo Mayjen TNI Lodewyk Pusung beserta Asops Panglima TNI selaku Ketua COCC Indonesia dan Asisten Ketua Staf Operasi Dan Latihan Pertahanan Markas ATM Mej Jen Dato’ Sheikh Mokhsin Bin Sheikh Hassan selaku Ketua COCC Malaysia. Rapat dihadiri Para Ketua Tim Perancang Operasi badan-badan yang berada dibawah COCC Malindo untuk memberikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan, yang sedang berjalan, dan yang akan datang serta kendala yang dihadapi. 

Adapun Laksma TNI Rahmat Eko selaku Ketua TPOM Indonesia dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa laporan, antara lain pembahasan dan evaluasi yang dilaksanakan dalam rapat TPOM ke-27 di Bali yang berlangsung pada 28 Maret 2018 tentang kegiatan Patroli Terkoordinasi (Patkor) yang telah dilaksanakan kedua negara yaitu Patkor Optima dan Patkor Kastima, kegiatan selain patroli dan juga revisi Protap Patkor Maritim. 

Disampaikannya, bahwa Patkor Optima 26B/17 diikuti 4 (empat) kapal patroli Indonesia dan 10 kapal patroli Malaysia, 10 boat dan 3 pesawat udara, dengan hasil berupa pemeriksaan sebanyak 403 kapal dan 11 kapal diproses hukum. Sedangkan untuk Patkor Kastima 23B/17 dilaksanakan kapal patroli Bea Cukai Indonesia dan JKDM Malaysia, melibatkan 11 kapal BC dan 9 kapal JKDM, dengan total hasil pemeriksaan sebanyak 602 kapal dan 15 diantaranya diproses hukum.

Selain itu disampaikan juga adanya kegiatan lain dalam rangkaian kegiatan Patkor yang perlu terus ditingkatkan, yaitu sosialisasi perundang-undangan, pertukaran informasi deteksi radar dan Patmar, kunjungan hormat ke instansi terkait, bhakti sosial, olah raga bersama dan makan malam resmi.

Menanggapi laporan tersebut Ketua/Pengerusi Bersama COCC Malindo menekankan agar kegiatan berjalan sesuai jadwal yang telah disepakati, meningkatkan koordinasi dengan instansi maritim terkait, serta terus mendukung kegiatan lain guna pencegahan gangguan keamanan maritim. Disarankan pula adanya koordinasi intens dalam rangka merevisi Protap Patkor Maritim.


Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla, Mayor Marinir Mardiono
 
 
Admin : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost