Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Cegah Penyakit Kronis, Lanal Yogyakarta Gandeng Laboratorium Cito dan BPJS Gelar Pemeriksaan Kesehatan | Lawu Post

Cegah Penyakit Kronis, Lanal Yogyakarta Gandeng Laboratorium Cito dan BPJS Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Senin, 09 Juli 20180 comments

Yogyakarta (LawuPost.Com) Dalam upaya mencegah penyakit kronis serta meningkatan taraf kesehatan anggota dan keluarga, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar pemeriksaan kesehatan dengan menggandeng bekerjasama dengan laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah Yogyakarta, kegiatan diprakarsai oleh Ketua dan Pengurus Jalasenasti Cabang 8 Korcab V, di Aula Jalasenasti Cabang 8 Lanal Yogyakarta, Jl. Melati Wetan no 62 Baciro Yogyakarta, Senin (9/7).

Menurut Ketua Cabang 8 Korcab V , Ny. Arya Delano mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan diikuti anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) sebanyak 9 orang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) wanita sebanyak 16 orang serta Pengurus dan anggota Jalasenastri Cabang 8 Lanal Yogyakarta sebanyak 34 orang.

Dalam kegiatan tersebut  melibatkan delapan staf medis dari Laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta. Tes meliputi pemeriksaan Papanicolau Smear atau biasa disingkat Pap Smear dengan tujuan untuk mengindentifikasi adanya sel kanker atau pra kanker leher rahim (serviks).

Pemeriksaan dan deteksi kanker payudara melalui metode Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari), dimana penyakit tersebut merupakan penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di dunia dari jenis kanker yang menyerang wanita kategori aktif secara seksual berumur 18 tahun keatas.

Adapun pemeriksaan kesehatan rutin oleh 4 staf medis Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta dipimpin dokter muda BK Lanal Yogyakarta, dr. Tri Hasturi meliputi pemeriksaan kadar gula, kolesterol dan asam urat.

Sementara itu Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd melalui Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan taraf kesehatan keluarga besar Lanal Yogyakarta.

"Kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan, tingkat kesehatan yang baik dalam keluarga akan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian kehidupan yang berkualitas, untuk itu perlu adanya pemeriksaan rutin, jangan sampai kita berobat kalau sudah terkena sebuah penyakit kronis, lebih baik mencegah daripada mengobati”

Sebelum pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan pertemuan rutin Pengurus dan Anggota Jalasenastri Cabang 8 Lanal Yogyakarta dipimpin oleh Ny. Happy Haryo Wiji Pratomo selaku Wakil Ketua Cabang 8 Jalasenastri Korcab V.

 "Peran seorang ibu sangat penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan yang dimulai dari tingkat keluarga, oleh karena itu kegiatan pemeriksaan deteksi kanker serviks dan payudara, kita diharapkan lebih peduli terhadap kesehatan masing masing, kalau bukan kita sendiri, siapa lagi.(Lantamal V)

  

Admin : Erwin M
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost