Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bakamla RI Gelar Latihan Bidang Maritime Enforcement di JCLEC | Lawu Post

Bakamla RI Gelar Latihan Bidang Maritime Enforcement di JCLEC

Kamis, 05 April 20180 comments

Semarang (LawuPost.Com) Salah satu acara yang diusung Bakamla RI sebagai bentuk komitmen dalam forum Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) resmi dibuka oleh Direktur Kerja Sama, Dade Ruskandar, S.H., M.H. di Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC), Semarang, beberapa hari lalu.

Pelatihan yang berbasis penguatan kapasitas personel bertajuk Law of the Sea and Maritime Enforcement Training Tahun 2018 ini dibuka pada hari Senin (2/4) dan berlangsung selama empat hari.

Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi kongkrit dari Bakamla RI selaku salah satu Ketua dalam Capacity Building Pillar pada forum Pertemuan Kepala Keamanan Laut se-Asia (HACGAM). Pelatihan ini bekerja sama dengan JCLEC dan turut mengundang negara-negara dari anggota HACGAM sebagai peserta.

Pelatihan ini telah diselenggarakan secara rutin oleh Bakamla RI sejak tahun 2017 dan dihadiri oleh14 negara dari 21 negara anggota HACGAM, yaitu Australia, Bangladesh, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maladewa, Pakistan, Sri Lanka, Turki, Thailand, dan Vietnam. Peserta dari Indonesia diwakili oleh Bakamla RI, Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, dan Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para personel HACGAM terhadap penerapan Hukum Laut Internasional dalam kegiatan penegakan hukum di laut, peningkatan kepercayaan antar sesama anggota HACGAM dan menciptakan jejaring antar peserta pelatihan.

Pada pelatihan kali ini, peserta kegiatan mendapatkan materi tentang Hukum Laut Internasional dari Prof. Etty R. Agoes dan Gusman Catur Siswandi, Ph.D. dan materi khusus mengenai Maritime Enforcement dari Ahli-ahli di bidang penegakan hukum dari United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Luar Negeri dan Pakar dari JCLEC dalam bidang penyelundupan manusia.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan Direktur Eksekutif JCLEC Brigjen Pol. Puji Sarwono dan Direktur Program Eksekutif JCLEC Superintendent Greg Davis.

Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono.


Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost