Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) PKKKL UGM Gelar Pelatihan Peningkatan Kinerja dan Displin di Kawasan Hutan Pendidikan Wanagama Gunung Kidul | Lawu Post

PKKKL UGM Gelar Pelatihan Peningkatan Kinerja dan Displin di Kawasan Hutan Pendidikan Wanagama Gunung Kidul

Kamis, 29 Maret 20180 comments

Lantamal V (LawuPost.Com) Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta, Lantamal V bersama Pusat Keamanan Keselamatan Kerja dan Lingkungan (PK4L) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar Pelatihan Tindakan Purbajaga dan Penguatan Personil PK4L UGM Angkatan 2 selama tiga yang berakhir kemarin.

Pelatihan tiga hari tersebut dilaksanakan mulai 26-28 Maret 2018. Pelatihan tersebut merupakan lanjutan dari pelatihan sejenis (angkatan 1) yang pernah dilaksanakan pada 25-27 September 2017 ditempat yang sama, di kawasan Hutan Pendidikan Wanagama UGM, Desa Banaran, Kec Playen Kab. Gunungkidul Yogyakarta.

Pada pelatihan angkatan 2 ini diikuti oleh 30 orang personel PK4L UGM yang berasal dari kelompok tugas yakni petugas lapangan, Satgas PKL, petugas VVIP, Satgas Kedaruratan, Lidik/Penyidik, Jaga Parkir serta Jaga Gedung dengan pelatih dan instruktur dari personel Lanal Yogyakarta sebanyak 16 orang berasal dari satuan kerja Staf Operasi, Staf Intelijen, Detasemen Polisi Militer Angkatan Laut, Balai Kesehatan serta Satuan Markas.

Gelaran prlatihan ini, merupakan tindak lanjut dari piagam Kerjasama antara Universitas Gajah Mada dan TNI Angkatan Laut nomor 2661/P/Dir-KA/2016 dan PKB/4/V/2016 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Upacara pembukaan latihan dilaksanakan  pada Senin, 26 Maret 2018 di halaman Balairung UGM, Bulaksumur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bertindak selaku Inspektur Upacara Bpk. Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Wironoto, Wakil Rektor UGM Bidang SDM dan Aset.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd yang diwakili oleh Perwira Seksi Intelijen (Pasintel) Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (P) Suparno dalam sambutannya disampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan pihak UGM kepada Lanal Yogyakarta untuk mendampingi pelatihan dengan harapan sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat, khususnya dengan TNI AL/ Lanal Yogyakarta.

Selama 3 hari menjalani pelatihan, peserta PK4L UGM menerima materi baik teori di kelas dan praktek di lapangan meliputi baris berbaris, apel pergantian tugas jaga, kemampuan fisik, peningkatan disiplin, teknik investigasi dan intelijen serta patroli malam. Adapun pasca pelatihan, pendampingan  tindakan Purbajaga PK4L UGM akan dilaksanakan  oleh personel Lanal Yogyakarta secara berlanjut sampai dengan tanggal 26 April 2018, hal ini dimaksudkan untuk menilai sejauhmana penguasaan materi pada saat peserta melaksanakan pelatihan, dilaksanakan dalam penugasan PK4L UGM serta tujuan evaluasi kegiatan selanjutnya.

Rangkaian upacara penutupan pelatihan dilaksanakan pada Rabu, 28 Maret 2018 di halaman Balairung UGM, dengan Inspektur Upacara Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar Stud, mewakili sekaligus membacakan sambutan Danlanal Yogyakarta. pelaksanaan pelatihan selesai dengan senantiasa mengutamakan zero accident, harapan kepada peserta latihan dapat menerapkan materi dalam tugas sehari hari dengan baik dan sungguh sungguh sehingga dapat mewujudkan harapan pimpinan UGM serta memberikan apresiasi kepada seluruh peserta selama pelatihan penuh semangat dan loyalitas tinggi.

Sementara itu Kepala PK4L UGM,  Arif Nur Cahyo menyampaikan atas nama institusi dan pribadi mengucapkan terimakasih kepada Lanal Yogyakarta atas kerjasamanya serta menekankan bahwa memilih pelatih dari TNI Angkatan Laut/Lanal Yogyakarta bukan tanpa alasan, namun dengan dasar bahwa TNI Angkatan Laut terdapat TRI SILA TNI AL yang didalamnya terdapat doktrin dan nilai nilai Disiplin, Hirarki dan Kehormatan yang ketiga hal tersebut diharapkan dari pimpinan UGM untuk  pegangan dalam pelaksanaan tugas PK4L UGM menjadi lebih baik.(Red)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost