Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Upacara Melaspas Gudang Senjata Dan Amonisi Mako Lanal Denpasar | Lawu Post

Upacara Melaspas Gudang Senjata Dan Amonisi Mako Lanal Denpasar

Sabtu, 23 Desember 20170 komentar

Denpasar (LawuPost.Com) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar Lantamal V rabu, (20/12) beberapa waktu yang lalu melaksanakan Upacara Adat Melaspas Bangunan Gudang Senjata dan Amonisi Mako Lanal Denpasar yang telah selesai pembangunannya. Upacara Melaspas dan pecaruan dipuput oleh pendeta Hindu Jro Mangku Wayan Gatrayasa yang didampingi oleh Pasprogar Mayor Mar I Nyoman Suarmika dan kontraktor bangunan bapak Agung Indra.

Upacara Melaspas wajib dilakukan Umat Hindu di Bali yang telah selesai mendirikan suatu bangunan dan sudah menjadi tradisi hingga kini. Melaspas dilakukan bertujuan untuk terciptanya ketenangan dan kedamaian bagi anggota atau keluarga yang tinggal di bangunan tersebut terhindar dari hal-hal yang tidak diiginkan. Upacara melaspas bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan bangunan secara niskala sebelum digunakan atau ditempati. Melaspas dalam bahasa Bali memiliki arti Mlas artinya Pisah dan Pas artinya Cocok, penjabaran arti Melaspas yaitu sebuah bangunan dibuat terdiri dari unsur yang berbeda ada kayu ada pula tanah (bata) dan batu, kemudian disatukan terbentuklah bangunan yang layak (cocok) untuk ditempati.

Untuk tahapan terakhir dalam rangkaian prosesi adat tersebut dilanjutkan dengan melaksanakan doa persembahyangan bersama oleh umat Hindu Lanal Denpasar yang diikuti seluruh umat Hindu Lanal Denpasar yang dipimpin oleh pemangku di Pura Amerta Bhuana Mako Lanal Denpasar.(Red)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost