Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Peringati HUT Jalasenastri Ke -71 Tahun 2017, Jalasenastri Cabang 5 Korcab V Laksanakan Pemeriksaan IVA dan Sadari | Lawu Post

Peringati HUT Jalasenastri Ke -71 Tahun 2017, Jalasenastri Cabang 5 Korcab V Laksanakan Pemeriksaan IVA dan Sadari

Selasa, 14 Maret 20170 comments

Batuporon (LawuPost) Memperingati HUT Jalasenastri ke-71 tahun 2017 Jalasenastri Cabang 5 Korcab V DJAT bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Utama Fortuna yang beralamatkan di Jl.KH. Moh. Kholil No. 93 Bangkalan Laksanakan pemeriksaan IVA dan Sadari, Selasa (14/3).

Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab V  Ny. Widyawati Ena Sulaksana mengajak  kepada istri prajurit yang tergabung dalam  organisasi Jalasenastri Lanal Batuporon, Arsenal Batuporon dan Labinsen untuk melakukan memeriksakan diri (deteksi dini,red) tentang kanker servik dan kanker payudara.

Menurutnya, kanker  serviks  merupakan  penyakit  dengan  angka  kematian  tertinggi  setelah  jantung koroner.  "Kaum  perempuan  sangat  rentan  terhadap  penyakit  ini, sehingga harus semakin sadar akan ancaman ini, " ujarnya. 

Namun, banyak  yang  belum  mengetahui  tentang  bahaya  kanker  serviks, gejala-gejala, dan cara pencegahan  maupun  penanganannya. Oleh sebab itu lanjut Widyawati -sapaan akrab Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab V DJAT- pada saat ini Jalasenastri menyelenggarakan pemeriksaan   menggunakan  metode Pap Smear atau Inspeksi  Visual (IVA) yaitu  Inspeksi Visual dengan Asam Asetat dan (Sadari) Periksa Payudara Sendiri Untuk mendeteksi adanya tanda/gejala kanker payudara.

Pemeriksaan IVA  (Inpeksi Visual dengan asam asetat) yaitu pemeriksaan skrining kanker dengan cara melakukan pulasan asam asetat 3-5% pada servix, jika hasil pulasan terjadi perubahan warna 'aceto white epithelial' pada servix, dapat ditegakkan diagnosis adanya lesi pra kanker. Pelaksana IVA test adalah  perawat / bidan terlatih IVA terakreditasi, dokter umum, dan dokter spesialis IVA test merupakan salah satu skrining kanker servix yang sederhana, praktis, lebih mudah dan terjangkau biayanya, sensitifitas dan spesifikasitas cukup tinggi.

HUT Jalasenastri tahun 2017 mengambil tema “Jalasenastri Bertekad meningkatkan kualitas keluarga prajurit yang kreatif guna mewujudkan TNI AL yang hebat Profesional dan Dicintai Rakyat”. (Pen Lantamal V /Red)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost