Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Dana Desa Berhasil Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat | Lawu Post

Dana Desa Berhasil Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Selasa, 14 Februari 20170 comments

Ciamis (LawuPost) - Sejak Dana Desa mulai digulirkan secara resmi di Kabupaten Ciamis tahun 2015, mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa-desa. Mayoritas dana desa yang diterima di desa-desa digunakan untuk membangun infrastruktur pedesaan. Dalam pelaksanaan pembangunannya pun dilakukan secara gotong royong.

Di Kabupaten Ciamis sendiri, dana desa yang diterima untuk tahun 2017 sebesar Rp 213.818.690.000 yang dialokasikan ke 258 desa yang ada di Kabupaten Ciamis. “Jadi dari total dana tersebut, rata-rata perdesanya mencapai Rp 828.754.612 dengan serapan dana desa terbesar Rp 963.941.954 sedangkan terkecil Rp 772.742.196. Penggunaan dana desa sebagian besar diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur dan mampu mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat desa, “kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis, H. Lily Romli, SH, MM kepada tim Lawu News beberapa waktu lalu diruangannya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaan infrastruktur di setiap desa banyak melibatkan warga masyarakat, sehingga tidak sedikit nilai swadaya masyarakat. Penggunaan dana desa di Kabupaten Ciamis sudah sesuai dengan perundang-undangan dan peraturan menteri terkait yaitu untuk bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk pembangunan desa diantaranya, pembangunan jalan, jembatan, irigasi, tembok penahan tanah, pembangunan posyandu dan polindes, pembangunan PAUD dan lain-lain. Namun, selain untuk infrastruktur ada juga untuk pemberdayaan masyarakat diantaranya pelatihan untuk meningkatkan kemampuan aparatur desa, pelatihan lembaga-lembaga desa, peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat, pelatihan pengelolaan Bumdes dan lain-lain. “Meski dalam perkembangannya belum semua terpenuhi, namun secara garis besar program Dana Desa di Kabupaten Ciamis telah mencapai hasil yang cukup signifikan. Mulai dari terpenuhinya akses masyarakat melalui pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, kesehatan dan pendidikan, “kata H. Lily.

Terkait dengan peningkatan perekonomian masyarakat, lanjut H. Lily, dinilai sudah ada perkembangan karena usulan-usulan yang dilaksanakannya terdapat pemberdayaan masyarakat mulai dari pelatihan pengembangan kapasitas masyarakat, pelatihan keahlian dan pelatihan permodalan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

H. Lily  berani memastikan, dana desa terbukti berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada tahun 2016 dikucurkan Rp 167.842.952.000 untuk 258 desa dengan rata-rata perdesanya sekitar Rp 651 juta sedangkan ditahun 2017 dikucurkan Rp 213.818.690.000 jadi mengalami peningkatan sebesar 14 % dengan rata-rata perdesa dikucurkan Rp 830 juta. Artinya ada kenaikan dan diharapkan setiap tahunnya mengalami kenaikan. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost