Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Panglima TNI : Enam Perspektif Ancaman Bangsa Indonesia | Lawu Post

Panglima TNI : Enam Perspektif Ancaman Bangsa Indonesia

Kamis, 10 November 20160 comments

Puspen TNI (LawuPost) Ada enam perspektif ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia di masa depan yaitu, menipisnya cadangan minyak dunia; meningkatnya jumlah penduduk dunia; berkurangnya sumber pangan, air dan energi; masalah  terorisme; meningkatnya penyalahgunaan narkoba; dan persaingan ekonomi global yang ketat. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat menjadi salah satu narasumber di stasiun televisi swasta, bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, selasa malam (8/11/2016).

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, apabila perspektif ancaman bangsa Indonesia dimasa depan tidak dikelola dengan baik, maka bangsa Indonesia bisa bernasib sama seperti beberapa negara Arab Spring yang mengalami konflik atau perang saudara.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa, Indonesia saat ini ibarat gadis seksi yang menjadi rebutan negara lain, karena kaya akan sumber daya alam yang menjadi salah satu negara equator di dunia, dimana pertumbuhan  vegetasinya tidak pernah habis. “Indonesia sebagai negara equator  yang sangat kaya akan sumber daya alam adalah warning yang patut menjadi kekhawatiran  bangsa Indonesia dimasa yang akan datang,” ujarnya.

“Kekayaan sumber daya alam di Indonesia pernah disampaikan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno bahwa, suatu saat nanti negara lain akan iri dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia, dan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo saat baru dilantik menyampaikan hal yang sama bahwa, kaya akan sumber daya alam bisa menjadi petaka,” imbuh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan bahwa beberapa negara Arab Spring seperti Irak, Libya, Suriah saat ini mengalami konflik akibat perang saudara yang dipicu oleh permasalahan dalam negerinya, seperti  agama dan terorisme. Permasalahan dalam negeri mereka dijadikan sebagai alasan untuk masuknya negara lain ikut campur urusan dalam negeri terkait kepentingan minyak.

Terkait aksi damai pada tanggal 4 November 2016 yang lalu, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menuturkan bahwa, apabila aksi damai tersebut tidak ditangani dengan baik dan bijaksana, maka tidak menutup kemungkinan akan ditunggangi oleh kepentingan politik yang mengakibatkan bangsa Indonesia mengalami kerugian.

Sehari sebelum aksi damai, Panglima TNI bersama Kapolri telah memberikan pengarahan dan mengingatkan kepada para Komandan Satuan TNI-Polri di Mabesad, bahwa ada skenario untuk membuat petugas marah dan bertindak di luar kepatutan saat berhadapan langsung para demonstran.

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI menyampaikan ucapan terimakasih dari Presiden RI Jokowi terkait pengamanan aksi damai yang dilaksanakan TNI-Polri, sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.  

“Presiden  sebagai pemimpin Indonesia menyampaikan rasa  bangga kepada seluruh peserta aksi damai, dimana para demonstran yang jumlahnya ratusan ribu, sangat patuh dan tertib terhadap perintah para Ulama, Habib, Kyai yang mengawal aksi damai tersebut,” pungkas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost