Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Nomor Induk Kependudukan Tidak Akan Berubah | Lawu Post

Nomor Induk Kependudukan Tidak Akan Berubah

Jumat, 13 Mei 201665komentar

Ciamis (LawuPost) - Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi seluruh masyarakat Indonesia tidak akan mengalami perubahan, sekalipun seorang penduduk di wilayah Negara Ke­satuan Republik Indonesia (NK­RI) pindah, namun sepanjang masih di lingkungan NKRI, NIK tersebut tetap tak ikut berubah.

"NIK itu tak akan berubah wal­aupun yang bersangkutan pindah alamat ke daerah lain, kalau­pun mau dirubah, sistem tak akan melayaninya," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pen­catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis, H. Adang Darajat. Menurutnya, hal itu menanggapi adanya keluhan warga terutama yang berada di pelosok pedesaan yang urbanisasi mencari nafkah di perkotaan.

H. Adang menegaskan, bila seseorang pindah yang berubah itu KK dan KTP dengan alamat baru, sementara NIK-nya tetap. Sejak diberlakukannya E-KTP, maka data seseorang bukan hanya diketahui oleh ting­kat kabupaten tempat KTP dan KK dikeluarkan, namun bersifat nasional, sehingga seorang warga tidak akan memiliki kartu identitas ganda.

 “Saat ini dianggap sesuai adalah yang tercantum dalam KTP. Bisa saja NIK di KTP dan KK memang berbeda, karena KK yang bersangkutan masih KK yang lama dan belum diganti dengan yang baru. Untuk penyesuaian agar NIK antara KTP dan KK sama, masyarakat diminta untuk segera mengganti KK yang lama dengan yang baru, sehingga administrasi kependudukannya menjadi benar. (MAMAY)
Share this article :

+ komentar + 65 komentar

28 Desember 2016 00.51

Informasi yang sangat berguna.
Apabila ingin mendapatkan informasi tentang buku-buku bisa kunjungi Perpustakaan Gunadarma
Terima kasih.

31 Januari 2017 07.50

Mlm pak ..

Btw, nik saya tak sesuai dengan tgl lahir.. Apa kah bisa nik saya untuk d ubah..selagi saya belom e-ktp,

10 Maret 2017 01.23

Saya kan sudah mengganti nama di kk saya yg lama Apriliani jadi kk yg baru April Liyani tetapi ketika saya mendaftar ke unifersitas dgn syarat memasukan nik dan yg muncul malah nama di kk yg lama. Klw seperti ini bagaimana ya? Tolong bantu jawab

12 Oktober 2017 16.04

tgl lahir saya beda di kk sama ijazah.otomatis saya ikutin ijazah karna ijazah katanya ga bisa di rubah karna ikut dr ijazah smp&sd.trus di kk yg baru saya mengganti tgl lahir tp kmpa NIK ya tida di rubah sedang kan nik mengacu pada tgl lahir seblmnya.sekarang saya malah jdi susah kerja karna ada prbedaan.klo udah kaya gini bagaimna apakah NIk bisa di rubah sesuai tgl lahir yg ada di ijazah.mohon di jawab.?

19 Oktober 2017 05.08

Parah lalu gt ya....punya saya salah total pdahl data nik saya sudah saya gunakan untuk kepentingan sehari hari seperti bunk BPJS dan data guru kalu itu tidak bs d rubah mudah2 Han mereka jg menyadarinya....kalu nik e KTP tidak ba d rubah

26 Oktober 2017 19.53

jika Nik tdk bisa berubah mengikuti no provinsi yg kita pindah sekarang apa kah data kita ada?

17 November 2017 20.40

Bagaimna solusi sya ni nik ktp sma kk nya bda pdahal sya udah pindah kota, msak dta nya msih sma yg lma, bukn ngikut yg bru

19 Januari 2018 03.57

Bagaimana solusi nik ktp-e baru tidak sesuai dgn nik ktp lama,npwp, bpjs, dan bku tbungan bank?

9 Februari 2018 00.05

kalau nomor KK apa bisa berubah?

22 Februari 2018 06.06

Sy buat ektp dari tahun 2012 sampai sekarng blum jadi dan ternyata No Nik saya salah... no Nik tidak sesuai dengan tanggal lahir... gmn solusinya ya... karena ini berhubungan dengan data2 perbankan, pasport dll....tolong di balas ya... terima kasih

27 Maret 2018 23.13

Nama saya di KTP sudah benar tapi kenapa di sistem on line nama saya salah berbeda sama yg di KTP. Hal tersebut membuat saya tidak bisa mencairkan bpjs tenagakerja. Terima kasih

3 April 2018 17.56

Saya mau memperpanjang ktp saya...akan tetapi kk yang saya tumpangi sudah berubah data nama saya sudah tidak tercantum bagaimana solusinya????

13 April 2018 03.26

Sya Juga begitu. Smpeh sekarang sya masih belum punya ktp

24 Mei 2018 06.47

Kalo aku sich sebenar ny gk punya ktp gk masalah yg butuh ktp yg sbenar ny kn pemerintah.. tetapi di buat seolah2 yg butuh adalah kita.. mau pengurusan apa saja di tanya mna ktp anda.. kn berarti mereka yg butuh.. mereka yg butuh tpi data kita bibuat bnyak yg tidak sesuai sama tgl lahir bulan dan tahun.sudah gitu di persulit pulak pembuatan ktp ny.. knpa di bilang di persulit.. jwabn ny adalah bukn membandingkan.. knapa kalau kita membuat ATM kok bisa langsung jadi... atas nama kita rekening kita data2 kita lebih rahasia.. kalo ktp cara pencetakn ny itu seperti apa kok bisa bnyak yg salah kaprah tidak sesuai dgn knyataan ny... kalo saya mau salah ktp ny mau salah kk ny biar kn saja.. yg pnting saya tau yg sebenar ny data2 kelahiran saya dn yg pnting gk merubah sama yg di atas yaitu ALLAH.. ktp itu pormalitas ja.. kalo dlm pengursan surat2 di persulit krna ktp ny gk sesuai. Ktp yg ku punya dn di kasih sma pemerintah cuma ini kalo gk sesuai ea protes lh sma yg buat. Yg buat kn bukan aku.. protes sndiri sna ma yg buat.. sebenar ny punya saya uga bnyak yg salah tpi ea ku biarkn ja.. yg pnting data ma yg kuasa gk salah..

21 Juni 2018 04.11

Bgmn kalau dari awal NIK dan tanggal lahir salah, lalu tanggal lahir dibetulkan tetapi NIK tetap tidak bisa diubah. Padahal dalam NIK ada unsur data tanggal lahir. Mohon solusinya agar nyambung dan sesuai kaidah penomoran NIK tsb

1 Juli 2018 18.41

Saya juga mengalami hal yang sama. Pernah saya mengalami masalah saat saya ingin kredit barang elektronik. NIK dan tanggal lahir saya berbeda dan pengajuan kredit saya ditolak karena masalah tersebut.

1 Juli 2018 18.42

Saya juga mengalami hal yang sama. Pernah saya mengalami masalah saat saya ingin kredit barang elektronik. NIK dan tanggal lahir saya berbeda dan pengajuan kredit saya ditolak karena masalah tersebut.

23 Juli 2018 05.44

Saya juga punya masalah yang sama, sudah ada solusinya?

25 Juli 2018 02.28

Pak mau tanya, saya menambah nama anak saya di KK, petugas capilnya input jenis kelamin anak saya laki laki pdhl seharusnya perempuan. Oleh petugas capil sudah diganti jenis kelaminnya perempuan tp NIK nya ttp laki laki, bgmn ya? Kasihan anak saya kedepannya bisa direpotkan kalo sperti ini,. Setau saya NIK untuk laki dan prempuan beda. Trims

25 Juli 2018 02.29

Pak mau tanya, saya menambah nama anak saya di KK, petugas capilnya input jenis kelamin anak saya laki laki pdhl seharusnya perempuan. Oleh petugas capil sudah diganti jenis kelaminnya perempuan tp NIK nya ttp laki laki, bgmn ya? Kasihan anak saya kedepannya bisa direpotkan kalo sperti ini,. Setau saya NIK untuk laki dan prempuan beda. Trims

25 Juli 2018 02.40

Pak mau tanya, saya menambah nama anak saya di KK, petugas capilnya input jenis kelamin anak saya laki laki pdhl seharusnya perempuan. Oleh petugas capil sudah diganti jenis kelaminnya perempuan tp NIK nya ttp laki laki, bgmn ya? Kasihan anak saya kedepannya bisa direpotkan kalo sperti ini,. Setau saya NIK untuk laki dan prempuan beda. Trims

1 Agustus 2018 11.34

Bagaimana cara merubah nik yg salah ?
Sebab nik saya di kk dan ktp berbeda

27 Agustus 2018 07.55

Pak mau tanya, tgl lahir saya dan nama saya di akte tidak sesuai dengan ijasah kk ktp. Dan akirnya saya minta bantu orang buat ganti data di akte,dan katanya data saya di hapus dan di buatkan baru sesuai dengan kk ktp dan ijasah. Tapi satu angka di no nik yang terakir di ganti. Dan dari situ akte saya bisa di terbitkan dan sesuai ijasah kk ktp. Dan setelah saya cari tau tentang itu semua di google bawasanya no nik tidak bisa di ganti, lalu saya jadi berfikir keras, apakan ini bisa menimbulkan masalah untuk kemudian hari? Karena nik saya yang lama pernah buat rekening bank, paspor dan bpjs? Pertanyaan saya apakah semua akan bermasalah gara" no nik saya berubah? Terimakasih 😭

29 Agustus 2018 07.49

Pak saya mau nanya kan saya pernah merekam ektp desember tahun lalu karna pada saat itu blangko ektp kosong maka dikasih surat keterangan ktp sementara yg masa berlakunya hanya 6 bulan. Saya cek terus ke dukcapil, katanya datanya belum masuk. Eh pas sudah abis masa berlaku surat keterangan ktp sementara saya katanya data ektp saya nggak ada/hilang. setelah itu pihak dukcapil memberi solusi agar merekam ulang dengan note nik saya diganti ujungnya saja. Lalu saya turuti. Tpi saya bingung soalny data2 di universitas saya menggunakan nik yg lama. itu bagaimana pencerahannya ya pak?

9 September 2018 08.11

Kita sama,sudah dapat solusinya?

13 September 2018 20.53

Nah saya juga sama nik di KTP tidak sesuai dengan tanggal lahir , sedangkan saya udh e-KTP .dan hal ini membuat saya kesulitan dalam administrasi lainnya . Bagaimana ini solusinya .. 😭

20 September 2018 13.18

Saya mengalami hal yang aneh antara no. Ktp,kk dan akte tidak sama apa yang harus sya lakukan... Mana yang harus di ubah sementara saya kesusuhan untuk mengikuti cpns karena nerubah

1 Oktober 2018 19.14

Maaf pak mau tanya.. suami sy kan pindah domisili dari cirebon ke ciamis nah kami baru ngeh kalau trnyata NIK suami sy di ganti di ciamis nya.. dan sekarang kami pindah ke cikarang dan suami sy gk bisa bikin KTP gra2 NIK nya beda, jadi duplikat.. nah skrg harus gimna ya pak bingung..

29 Oktober 2018 23.46

Sya jg ijazah beda dg ktp n kk jd sya mnurut ijazah ktp sya ud ektp bisa drbh tmpat tnggl lhirnya sesuai ijazah to no nik gk bisa drbh

7 November 2018 04.10

Berubah gan nomer kk

7 November 2018 04.17

Minta surat pengantar dari desa dan Datang ke kntor capil

19 November 2018 16.21

Ktp saya juga sudah DKI tpi kenapa di cek online alamatnya masih kampung yah????

20 November 2018 16.55

gini ,kan saya mengalami perceraian , ,datan nik kk jadi berubah,saat diperbaharui setatus saya ,, itu gimna katya ga bisa brubah

12 Desember 2018 20.07

Kalau saya pindah alamat Dikasih no nik baru
Otomatis nik lama ga sinkron dgn KK
Tapi data segala halsemua pake nik
lama ..gimana ya solusinya

24 Desember 2018 14.00

Pak/Bu admin,,bagaimana tanggapan dan silusi dari saudara saudara kita ini..kenapa tidak ada responnya???

6 Januari 2019 17.55

.jika merubah tgl lahir maka nik tetap tidak berubah, saya juga begitu, tapi administrasi lain2 alhamdulillah tidak bermasalah,

10 Januari 2019 10.18

Saya punya masalah yang sama, kesalahan NIK anak kedua saya,yg lahirnya 29 Oktober, tapi di NIK tertulis 20 Oktober, saya ingin merubah nya,tp penjelasan yang saya dapatkan NIK tidak bisa dirubah, apakah tidak berdosa,krn menurut saya akan ada kebohongan seumur hidup hanya karena kesalahan penulisan NIK

12 Januari 2019 14.53

Nik sama tanggal lahir saya tidak sesuai, solusi nya gimana ya

7 Februari 2019 01.02

Masalah nanti untuk pengurusan bbpjs dll nik itu seharusnya nya tidak bisa dirubah ..coba datang ke kelurahan cari solusi nya langsung jangan sama orang lain..

8 Februari 2019 04.36

Mau nanya kan saya mau bikin e-ktp tapi ga bisa karena no nik saya sudah dipakai orang kata petugas disduknya gitu,nah yang saya bingung apa bisa ya org lain pake no nik saya?terus saya disuruh bikin lagi akte sama kk.Nah kalo saya ganti akte sama kk itu ngaruh ga sama berkas berkas dan ijazah saya di sekolah karena kan nanti no nik nya beda lagi?Terimakasih

10 Februari 2019 17.56

Izin bertanya,,jika masalahnya terletak pada nik yg berbeda antara KK dan ktp dan menurut Disdukcapil bahwa nik yg ada di KK saya yg salah.

Mohon jawabannya 🙏

14 Februari 2019 18.59

Rubah kk.. Saya dlu juga begitu harusnya tanggl 18 di ktp tnggal 13.. Jadi harus rubah kk dlu. Baru rubah ktp.

19 Februari 2019 08.22

IZin nanya donk...dlu wktu buat ektp versi lama nama saya salah satu huruf.jd tidak sesuai dgn akte dan kk.nah sekarang saya pindah domisili,berhubung itu saya sekalian minta di ganti huruf nama saya yg salah tersebut sesuai dgn yg ada di akte lahir saya.tapi karna saya blm ada wktu untuk rekam cetak ektp yg baru,jd saya masih dksh surat keterangan sementara yg berlaku 6 bln gtu.
nah pertanyaanya apakah setelah ganti huruf pada nama di ektp baru itu harus ganti nik juga atau tidak?

28 Februari 2019 08.58

Kasih masukan dong.ini masalah saya.sesudah menikah saya ambil surat pindah dr kecamatan alamat yg tertera di KTP lama saya.sesudah ituh saya pindah ke alamat baru atau KK sesudah berumah tangga.tapi knp bisa NIK saya beda tdk mengikuti NIK KTP saya yg lama.trus saya komplin ke kelurahan KK saya yg baru .n saya disuruh ke dukcapil KK baru saya setiba disana kata org dukcapil data saya atau KTP lama saya masih aktif n gak pernah ibu melakukan pindah dr KTP lama ke alamat KK ibu sekarang .ituh jawaban mreka .... Apah yg hrs saya lakukan??? Plissssssssss bantu saya yg pernah berkasus seperti saya .sementara KTP saya butuh banget tuk penerbangan ke Jakarta pasti nya tunjukkan KTP di bandara.

5 Maret 2019 22.58

Assalamualaikum. Sya mau tanya. Sya dri Cirebon lalu sya pindah k Subang ikut suami. Sudah bikin kk dan KTP baru. Dgn alamat dan status baru. Tp kenapa saat d cek online Nik sya masih d alamat lama dan d cek untuk pemilu pun datanya masi berada d TPS lama. Mohon penjelasannya

4 April 2019 08.10

Pak, kl pindah antar propinsi, apakah, NIK ktp tidak berubah trimakasih bantuan nya

5 April 2019 03.09

Sama pak... Gmna apakah ada yg bisa bantu jawab

5 April 2019 03.13

Saya jg begitu mas... Bikin ektp di tangerang. Pas sdh jd no nik beda 2 angka sama no Nik yg dulu.. Gmna ya solusinya.

11 April 2019 19.08

Assalamualaikum,saya mau tanya nik dan tahun lahir saya beda apakah tidak masalah bila saya tarik uang dibank.mohon bantuannya terima kasih

24 April 2019 05.50

Saya juga sama...
Nik ktp tidak sesuai dengan tgl lahir...
Sampai skrg blm ada solusiNya...

26 April 2019 06.39

mau tnya sih, saya kan berasal dari tulang bawang, trus pindah ke bandar lampung, apakah nik e ktp bakal berubah jika kita pundah domisili,

4 Mei 2019 22.22

gimana dongn. nik saya sama tgl lahir ada yg beda. kira2 bisa di betulin gak yaa. mohon pecernahnnya..soal nya mau ngelamar kerja/bikin atm gak bisa.

29 Mei 2019 04.52

Tanggal lahir di KK dan KTP bisa di rubah asalkan melampirkan akte kelahiran,jadi intinya kalau KK dan KTP tidak sesuai akte kelahiran bisa di rubah ke disdukcapil

11 Juni 2019 22.01

sya bikin ktp 2010 lalu, salah jenis kelamin dan NIK, setelah di perbaiki jenis kelamin ternyata NIK nya tetap perempuan sumpah kecewa saya tidak pernah ada solusi karena NIK tidak bisa di rubah, padahal kesalahan bukan dari saya, pemerintah yg salah cetak malah sya yang nanggung beban sampe sekarang sya tidak bisa membuat dokument apapun karena NIK saya perempuan, sementara jenis kelamin laki laki, kok pemerintah gk ada tanggung jawab sih ??? pada cuci tangan semua, cukup dengan kalimat" maaf NIK itu tidak bisa dirubah karena berakibat data ganda" gampang amat mereka ngasih solusi dengan kata2 itu, terus saya harus nanggung beban dari kesalahan mereka, gk jelas ni

30 Juni 2019 20.59

Apakah sudah ada solusi ya deny maulana,kasus ya sama seperti yg saya alami,mohon pencerahan ya

9 Juli 2019 05.15

Saya mau nanya , kalau pindah daerah itu nik asli tetap atau harus dirubah ?
Soalnya pas kartu keluarga udah jadi kok nik nya tetap sama ? Kira² bermasalah atau tidak ? Apa harus diajukan kembali supaya dirubah ?
Mohon penjelasannya

19 Juli 2019 08.25

Saya mau tanya nik saya di cek lewat online ko perempuan😂,padahal di ktp nya lakilaki dan aslinya juga lakilaki ASLI 1000%,minta solusinya

20 Juli 2019 06.27

Sama saya juga nik sama tgl lagir berbeda

24 Juli 2019 11.57

Kasus saya sama nih sama mba @lita situmeang.nik jadi punya 2.katanya e ktp on line tp kok bisa nik berubah ketika pindah kecamatan.Parahnya lagi pas Pemilu nama saya muncul sebagai pemilih di 2 kecamatan yg berbeda.saya malah curiga ini disengaja biar kalo sy mau..bisa nih nyoblos didua kecamatan yg beda.hhhmmmm...Busuuuk kali.Menjengkelkan ketika kita bayar pajak harus nembak terus jadi nambah ga sesuai sm yg tertera di STNK gara2 nik nya ga sesuai.Sorry saya jadi ga respect sama pemerintahan ini.Busuuuuuk.Pusiiiing dah aaah.

12 September 2019 01.22

Mau nanya, saya kan jenis kelamin nya laki laki, tetapi di nomor NIK nya malah jenis kelamin nya perempuan, apakah bisa dirubah no NIK yg bermasalah itu?

12 September 2019 01.26

Mau nanya, saya kan jenis kelamin nya laki laki, tetapi di nomor NIK nya malah jenis kelamin nya perempuan, apakah bisa dirubah no NIK yg bermasalah itu?

12 September 2019 01.26

Mau nanya, saya kan jenis kelamin nya laki laki, tetapi di nomor NIK nya malah jenis kelamin nya perempuan, apakah bisa dirubah no NIK yg bermasalah itu?

17 Oktober 2019 21.39

Waduh baca komen dan pertanyaan2 di atas repot jg, saya punya masalah pada tahun lahir di akte 1993, kk 1994, ktp 1994, ijazah ngambil yg 1993.
Dari yg saya baca diatas, kalo ktp saya diperbaiki dan ganti NIK, data bpjs perbankan dll nya terancam, kalo pake NIK yg sama saat pengajuan bisa ditolak krn NiK dan tahun lahir berbeda, duh jd bingung harus gmn.

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost