Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Expo Ke-16 SMP Negeri 1 Ciamis | Lawu Post

Expo Ke-16 SMP Negeri 1 Ciamis

Jumat, 19 Februari 20160 comments

Ciamis (LawuPost) - Anak didik mesti diberikan keleluasaan untuk berkreasi dan berinovasi dalam berbagai hal termasuk kesenian, baik kesenian tradisional maupun modern. Hal itu, penting dilakukan guna merangsang dan menumbuhkan bakat yang ada pada anak. Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis, Chandra Utama SH, saat membuka kegiatan Expresi Pelajar Nesacis Oke (Expo) SMPN 1 Ciamis di kampus SMPN 1 Ciamis beberapa waktu lalu. Menurutnya, sudah saatnya pendidik mendukung bakat anak dibidang kesenian, yang beragam macamnya mulai dari seni musik, seni tari, drama, film dan lain sebagainya. Apalagi saat ini generasi penerus dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menghadapi perkembangan zaman. Dengan pagelaran Expo ke-16 ini, kata Chandra, tentunya menjadi sebuah gambaran aktualisasi pembelajaran siswa yang selama ini dilakukan di sekolah. “Saya sangat mengapresiasi Expo ini, karena disini kita bisa melihat kreasi anak-anak didik, dan saya kagum karena penampilan dari peserta Expo ini begitu luar biasa,” katanya. Chandra menambahkan, kegiatan Expo ini diharapkan mampu menjadi motivasi seluruh siswa untuk terus giat belajar dan mengkreasikan kreativitasnya.

Kepala SMPN 1 Ciamis, Drs. Agus Somantri M.Pd seusai memberi kata sambutan mengatakan, kegiatan Expo SMPN 1 Ciamis selalu digelar setiap tahunnya, tahun sekarang merupakan penyelenggaraan yang ke-16 kalinya. Dikatakan Agus, Expo ini menyajikan sejumlah kreativitas karya siswa kelas IX sebagai implementasi kurikulum di sekolah yang dituangkan dalam pameran, diantaranya sejumlah stand yang diisi oleh hasil karya dan prestasi SMA dan SMK. Selain itu, Expo juga diwarnai dengan pagelaran musik, tari dan teater. “Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin sekolah itu diharapkan bisa terus berkembang setiap tahunnya dalam upaya meningkatkan kreativitas dan prestasi siswa,” katanya.Agus mengungkapkan, Expo tahun ini dengan mengambil tema “Semangat Bhineka Tunggal Ika dalam Pewarisan Seni Budaya Nusantara” tersebut sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, karena orangtua siswa juga ikut hadir. “Dengan tema Expo ini artinya mengarahkan agar kita selalu berpegang teguh pada empat pilar kebangsaan, dimana kita harus mengakui keragaman suku, agama, termasuk tradisi seni dan budaya,” jelasnya.

Menurutnya, anak didik menjadi sumber kekuatan, dalam melestarikan seni budaya termasuk menjaga keutuhan bangsa dan negara. Apalagi saat ini isu gerakan membahayakan seperti Gafatar sudah masuk ke lingkungan kita. “Pihak kami sudah mengantisipasi dengan menghimbau kepada anak agar jangan mudah terpengaruh terhadapan ajakan orang tak dikenal. Dan harus diberitahukan kepada orangtua dan pihak sekolah, ”tegasnya.

 SDN 7 Ciamis
Berdasarkan informasi yang bisa diserap tim Lawu News, hasil akhir dari kegiatan EXPO’16 SMPN 1 Ciamis, untuk yang keempat kalinya Sekolah Dasar Negeri 7 Ciamis kembali menjadi juara umum kegiatan EXPO’16 yang digelar di SMPN 1 Ciamis belum lama ini. Kepala SDN 7 Ciamis, Drs. Agus Gustawan, M.Pd mengatakan, setiap tahun sekolahnya selalu ikut menjadi peserta EXPO SMPN 1 Ciamis. Dan sudah empat kali secara berturut-turut SDN 7 Ciamis menjadi juara umum. “Kita tiga kali berturut-turut juara EXPO sehingga punya piala tetap EXPO. Tahun 2016 ini, kita mendapat lagi piala Juara Umum bergilir EXPO SMPN 1 Ciamis, mudah-mudahan prestasi ini bisa dipertahankan, “katanya.

Menurutnya, pada perlombaan tersebut siswa siswinya yang terdiri dari kelas 4, 5 dan 6 berhasil menyabet penghargaan diantaranya Juara 1, 3 dan harapan 2 lomba IPA, juara 2 dan 3 lomba dongeng, juara harapan 3 lomba matematika, juara 3 lomba puisi, juara 1, harapan 1 dan harapan 2 lomba menulis, juara harapan 2 stry telling serta juara 2 dan harapan 3 lomba pupuh. “Kita bangga hampir semua siswa yang diikutsertakan pada perlombaan EXPO dapat membawa prestasi ke sekolah, “ujarnya.

Bimbingan yang diberikan tidak hanya untuk mempersiapkan lomba-lomba saja, namun guna menambah wawasan siswa agar lebih berwawasan luas. “Program bimbingan berjalan setiap hari, sesudah pulang sekolah. Siswa diberi tambahan bimbingan akademik yaitu semua mata pelajaran dan non akademik seperti pencak silat, drumb band, LKBB dan lainnya. Program ini membuat anak mampu dan bisa berprestasi jika ikut dalam berbagai perlombaan, ”jelasnya. Tak hanya berprestasi ditingkat Kabupaten, namun siswa SDN 7 Ciamis juga kerap menorehkan prestasi di tingkat provinsi. “Kita akan berjuang dari tingkat kabupaten hingga di tingkat provinsi, “tandasnya. (Mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost