Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) SMK Taruna Bangsa Ciamis | Lawu Post

SMK Taruna Bangsa Ciamis

Selasa, 16 Juni 20150 komentar

Ciamis (LawuPost) SMK Taruna Bangsa merupakan salah satu SMK di Kabupaten Ciamis pada tahun ajaran 2013-2014 telah dipercaya oleh Pemerintah untuk menerapkan Kurikulum 2013, saat ini memiliki 5 kompetensi keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Terakreditasi A, Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Terakreditasi A, Kesehatan (Keperawatan) Terakreditasi B, dan Farmasi.

Seiring perkembangan SMK serta kemajuan IPTEK, SMK Taruna Bangsa berusaha meningkatkan kualitas peserta didik dan tenaga kependidikan, sehingga diharapkan kualitas lulusan dapat diterima di perguruan tinggi Negeri/Swasta dan bekerja diperusahaan dalam atau luar negeri bagi yang tidak melanjutkan sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.

SMK Taruna Bangsa membenahi semua aspek, tidak hanya pembelajaran akademik, seni budaya dan olahraga juga bidang keagamaan, agar semua siswa dan siswi beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia. Visi SMK Taruna Bangsa menjadi pusat pendidikan dan latihan bidang kejuruan teknologi yang unggul menghasilkan tenaga kerja, terampil, mandiri, profesional, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mampu bersaing di Era Global dengan mewujudkan competence (keterampilan teknik), consience (tanggung jawab moral) compassion (kepedulian sosial).

Hal itu dikemukakan Kepala SMK Taruna Bangsa Agus Gusanto, S.Pd yang didampingi Ketua Yayasan Taruna Bangsa, Firman Yusuf kepada tim Lawunews.com saat mengumumkan hasil kelulusan beberapa waktu lalu di kampus SMK Taruna Bangsa. Menurutnya, sebanyak 360 siswa tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari Progam Teknik Kendaraan Ringan (TKR)142 siswa, Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 125 siswa dan Keperawatan 93 siswa lulus dengan hasil yang memuaskan.

Lebih jauh Agus mengatakan, selain visi tersebut SMK Taruna Bangsa juga mempunyai misi mengembangkan organisasi dan manajemen yang efektif dan efisien, mengembangkan keunggulan keterampilan dan ketelitian dengan mengutamakan kedisiplinan dan kejujuran yang dilandasi oleh kreatifitas dengan semangat kepedulian terhadap sesama, mengembangkan diri sebagai pusat pendidikan kejuruan yang diakui masyarakat dan dunia usaha/industri baik secara regional, nasional maupun internasional, mengembangkan kurikulum yang permeable dan sustainable.

“Prospek lulusan lulusan SMK Taruna Bangsa Ciamis diharapkan mampu melanjutkan pendidikan ke PTN/PTS, bekerja di perusahaan dalam dan luar negeri, mampu berwirausaha di bidang keahliannya. Selain itu memasuki tahun ajaran 2015/2016 pihaknya membuka program kompetensi keahlian baru diantaranya Adminitrasi Perkantoran. Hal itu dalam rangka menjawab kebutuhan akan kekosongan/lowongan kerja di bidang Adminitrasi Perkantoran,”kata Agus yang diamini Ketua Yayasan Taruna Bangsa, Firman Yusuf.

Untuk program adminitrasi perkantoran yang mulai dibuka tahun ajaran 2015-2016, kata Agus Gusanto, para siswa dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran, mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk mengelola dokumen, presentasi untuk mengelola bahan informasi, mengelola data informasi peralatan kantor, sistem kearsipan, dana kas kecil melakukan prosedur adminitrasi dokumen-dokumen kantor dan menangani surat/dokumen kantor dan penggandaan dokumen serta memahami pelayanan kepada pelanggan dengan komunikasi yang baik.

Ketua Yayasan Taruna Bangsa, Firman Yusuf menegaskan, fasilitas pendidikan di SMK Taruna Bangsa diantaranya gedung sekolah 2 lantai, bengkel otomotif, bengkel las, laboratorium komputer, laboratorium kesehatan, hostpot area, sarana olahraga, sarana ibadah mesjid, tempat parkir dan perpustakaan. Untuk penerimaan siswa tahun ajaran 2015/2016  pendaftaran dimulai bulan Maret sampai dengan Juli 2015 dengan syarat pendaftaran mengisi formulir pendaftaran, fotocopy ijazah/SKHUN, pas photo 3 x4 sebanyak 4 lembar, keterangan sehat dari dokter/puskesmas, fotocopy KTP orang tua dan fotocopy Kartu Keluarga.

Keunggulan-keunggulan di SMK Taruna Bangsa selain menerapkan kurikulum 2013, didukung pula tenaga pengajar profesional dan bagi siswa yang berprestasi mendapatkan berbagai bentuk fasilitas beasiswa. Sistem pembelajaran dengan metode dual sistem yang dilaksanakan disekolah dan didunia usaha/industri, didukung oleh tokoh masyarakat dan lingkungan sekolah yang agamis untuk membentuk siswa atau siswi yang uswatun hasanah, 5 (lima) hari belajar di sekolah, bursa kerja khusus (BKK), tutur Firman.

“Institusi pasangan SMK Taruna Bangsa Ciamis dalam rangka pelaksanaan praktek kerja industri informasi lowongan kerja bekerja sama dengan PT Tunas Mobilindo Perkasa (Tunas Daihatsu), PT Indosat, CV Media Informatika Ciamis, ACS Computer Ciamis, PO Gapuraning Rahayu, Stikes BTH Tasikmalaya, RS AL Arif Ciamis, RSUD Kabupaten Ciamis, PPNI Kabupaten Ciamis, PT Mitra Abadi Computer (Axioo Center Bandung),      STIKes BTH Tasikmalaya,”tegas Firman.

Selain kegiatan ekstrakurikuler di SMK Taruna Bangsa juga disediakan berbagai kegiatan  Extra Kurikuler diantaranya pramuka/ saka bhayangkara, paskibra, PMR, olahraga bela diri, olahraga bola volly, futsal, kesenian, drum band, IRMA, basket, pungkas Firman.

Salah satu orang tua murid, yang merupakan Komite SMK Taruna Bangsa, Tantan (49)  warga Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis ketika ditanya tim Lawunews.com, perihal motivasi menyekolahkan anaknya di SMK Taruna Bangsa, mengatakan bahwa kepercayaan dirinya untuk menyekolahkan anaknya di SMK Taruna Bangsa didasari atas kemauan dari anaknya sendiri,  dan diakuinya saudaranya sendiri (Yudi) (20)  merupakan salah satu alumni dari SMK Taruna Bangsa jurusan Teknik Kendaraan Ringan(TKR). Menurut Saepudin, berbekal keterampilan yang dimiliki saudaranya dari SMK Taruna Bangsa sekarang sudah bekerja di salah satu perusahaan di Kota Bandung.

Hal senada diungkapkan Ilyas (19) salah satu lulusan SMK Taruna Bangsa Ciamis jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Berbekal ilmu yang diserap dari SMK Al Fattah, saat ini dirinya bekerja disalah satu perusahaan elektronik yang ada di Kota Banjar dan sepulang dari bekerja dirinya suka diminta tolong untuk sekedar membetulkan peralatan komputer di rumah tetangganya atau temannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis, H. Toto Marwoto mengapresiasi hasil kelulusan di SMK Taruna Bangsa Ciamis. Menurutnya, siswa SMK Taruna Bangsa setiap tahun menunjukan grafik yang signifikan, dimana diawal berdirinya pada tahun 2004 yang waktu itu cuma ada satu rombel yakni program Keahlian Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dengan jumlah siswa 46 orang sekarang mencapai 30 rombel dengan jumlah siswa 936 orang. Hal itu menunjukan kepercayaan dari masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan di Taruna Bangsa cukup baik sekaligus menjawab tentang adanya diskriminasi pendidikan antara sekolah negeri dan swasta. Tinggal sekarang sekolah yang ada pandai untuk mempromosikan nilai jual yang ada disekolahnya dalam rangka menarik minat peserta didik untuk menimba ilmu disekolah tersebut. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost