Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bupati Simalungun Mengajak Masyarakat Bersama-Sama Membangun Simalungun | Lawu Post

Bupati Simalungun Mengajak Masyarakat Bersama-Sama Membangun Simalungun

Selasa, 16 Juni 20150 comments

Simalungun (Lawu Post) Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama dan bahu-membahu membangun Kabupaten Simalungun. Ajakan tersebut disampaikan Bupati saat meninjau pelaksanaan gotong royong massal pemerintah dan masyarakat dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1436 H dan melakukan pertemuan dengan masyarakat di dua Kecamatan yakni Kecamatan Pematang Bandar dan Bandar Masilam, Kamis 04/06/2015.

“Bila kita bersatu, bersama-sama dan bahu membahu, semua permasalahan pasti dapat kita selesaikan. Untuk mari kita bersama-sama membangun Simalungun dan berperan aktif dalam menjaga pembangunan itu sendiri,”kata Bupati.

Saat melakukan peninjauan tersebut Bupati didampingi oleh Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Oni Kristiyono Goendong, Anggota DPRD Erna Sari Purba, para pimpinan SKPD dijajaran Pemkab Simalungun. Hadir dalam kesempatan itu Camat Pematang Bandar, Camat Bandar Masilam, para pangulu dari dua kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ribuan masyarakat.

Menanggapi usulan masyarakat yang disampaikan Lamidi salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Pematang bandar tentang perhatian Pemkab Simalungun terhadap pembangunan infrastruktur jalan kecamatan dan nagori, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun di tahun 2015 ini telah mengalokasikan dana sekitar Rp 10 milyar untuk insfrastruktur jalan di kecamatan Pematang Bandar, namun terjadi musibah kebakaran yakni pekan Pematang Bandar, dan masyarakat mengusulkan agar pekan tersebut segera di bangun kembali.

 “Dalam memberikan pelayanan saya tidak membeda-bedakan. Ditahun 2015 ini ada Rp. 10 milyar sudah dianggarkan untuk jalan, tapi pasar terbakar jadi dana untuk jalan dikurangi menjadi dan Rp. 6 M untuk pasar. Jadi kita membangun harus melihat skala prioritas, belum lagi kebutuhan masyarakat yang lain seperti kesehatan dan pendidikan yang juga masih membutuhkan perhatian,”ujar Bupati

Selain pelaksanaan gotong royong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun juga melakukan pelayanan kesehatan, KB dan administrasi kependudukan kepada masyarakat secara gratis. Di Kecamatan Pamatang Bandar pelayanan gratis tersebut dipusatkan di Nagori Talun Rejo dan di Kecamatan BandarMasilam di pusatkan di nagori Bandar Silou. Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Pemkab Simalungun juga menggelar pasar murah untuk kebutuhan rumah tangga dengan menyediakan 2000 paket. Per paket berisi 1 kg gula pasir dan 1 kg minyak goreng.

Terkait dengan pelayanan kesehatan, KB  dan administrasi kependudukan serta pasar murah, Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini. “Pelayanan kesehatan, KB dan administrasi kependudukan ini adalah bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Oleh karena itu saya harapkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya termasuk pasar murah karena harga per paketnya hanya Rp 15 ribu, lebih murah 50% dari harga pasar,”himbaunya.

Sejak awal tahun 2015 lalu, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun telah melakukan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat. “Bahkan bila dibutuhkan untuk dirujuk, kita rujuk kerumah sakit yang telah ditentukan melalui BPJS. Karena kita juga sudah memberikan BPJS kepada masyarakat di Kabupaten Simalungun seperti penggali kubur, bilal mayit, para kader posyandu termasuk para aparatur pemerintahan nagori,”papar Bupati.

Selain memberikan BPJS, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun juga telah menikkan gaji pangulu dan perangkatnya termasuk gamot dan maujana. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan peningkatakan pelayanan kepada masyarakat. “Karena pangulu merupakan ujung tombak pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di nagori sampai kepelosok-pelosok nagori,”kata Bupati.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar-Simalungun Rasinta Ria Ginting SE Ak MSi AAAK dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kepesertaan BPJS di kabupaten Simalungun sudah mencapai sekitar 51 % termasuk anggota TNI, Polri, PNS dan pensiunannya, eks jamsostek, peserta mandiri. Yang dijamin Pemkab Simalungun melalui APBD sebanyak 59.615 jiwa ditambah jamkesmas yang tanggung APBN. “Dari wilayah tempat kerja saya, ini yang ketiga, yang paling banyak dijamin BPJS yakni Kabupaten Simalungun. Untuk itu diharapkan kepada masyarakat masuklah ke BPJS karena hal ini sangat perlu, jangan ketika sakit baru mengurus BPJS karena prosesnya agak lama, sekitar dua minggu dan apa yang telah dilakukan Bupati dalam kesehatan masyarakat harus kita dukung,”ujarnya.

Dalam kegiatan kali ini sebanyak 5 warga dari Kecamatan Pematang Bandar dirujuk ke RSUD Perdagangan yaitu Winoda Simanjuntak (60) warga Bandar Manis mengalami penyakit katarak, Paidoan br Gultom (66) warga Talun Madear mengalami penyakit katarak, Tiurma Sinurat (36) warga kampung baru Tanjung Rejo mengalami penyakit syaraf, Siti Sianipar (65) warga Bandar Manis mengalami penyakit perdarahan dan Asni Nababan (54) warga Bandar Manis mengalami penyakit gostritis ulceratire.

Sementara dikecamatan Bandar Masilam ada 8 warga yang dirujuk ke RSUD Perdagangan yaitu Agustina Marbun (18) warga Gunung Serawan mengalami penyakit benigna neoplasma, Dirah (48) warga Bandar Silou mengalami penyakit ada benjolan dikening, Edy (45) warga Bandar Silou mengalami penyakit gostritis dan asam urat, Mazidah (50) warga Huta Lias Baru mengalami penyakit hyper plasis edometrium, Lasaseh (49) warga Bandar Masilam mengalami penyakit Tumor Abdomen, Sugiman (49) warga Bandar Tinggi mengalami penyakit reumatik arteritis,  Herlina (52) mengalami penyakit kelenjar pembengkakan, Marfiani (29) warga Bandar Masilam I mengalami penyakit Hepatitis B Kronis dan Nurhalimah (17) warga Huta IV Jati Rejo mengalami penyakit ada benjolan di daerah vagina.

Selain itu, Bupati juga memberikan kesempatan sekolah kepada 8 siswi tamatan SMP untuk masuk SMA secara gratis di yayasan pendidikan Efarina dan 3 siswi tamatan SMA untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi secara gratis di Universitas Efarina (Unefa). Ke sebelas siswi senada tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun, karena diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lenih tinggi. ”Kami sangat merasa senang bisa melanjutkan pendidikan atas bantuan Bapak Bupati, yang sebelumnya kami tidak menyang akan mendapat bantuan seperti. Terima Pak Bupati,”ujar Juli Ratna Sari salah satu sisiwi yang mendapat pendidikan gratis.

Sebelumnya tokoh masyarakat Kecamatan Pematang Bandar Lamidi dalam sambutannya menyampaikan terimaksih kepada Bupati Simalungun yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat dan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. “Kami siap bersama-sama dengan bapak Bupati pada tahun mendatang dan seterusnya sehingg pelayanan kepada masyarakat dan pelaksanaan pembangunan dapat terealisasi sesuai dengan yang diprogramkan,”katanya.

Sementara itu, Aswin Damanik tokoh masyarakat Kecamatan Bandar Masilam mengatakan bahwa masyarakat sangat merasa gembira dan senang atas kehadiran Bupati bersama jajarannya di kecamatannya dan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Untuk itu kami tetap berdoa agar bupati panjang umur sehingga dapat memimpin Simalungun. “Bupati orangnya cerdik, semoga Tuhan tetap memberikan Kesehtan sehingga diharapkan dapat meminpin Simalungun kembali, bahkan kita diharapkan dapat memimpin Sumatera Utara pada masa yang akan datang,”katanya.(M.Parulian Doloksaribu/Hotbi Sianturi)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost